Gejala Awal Kehamilan yang Perlu Diperhatikan

tanda tanda ibu hamilKehamilan merupakan dambaan setiap keluarga yang ingin mempunyai keturunan, lebih-lebih pada pasangan muda yang baru menikah, kelahiran jabang bayi adalah sesuatu yang di tunggu-tunggu. Tanda tanda ibu hamil biasanya mengalami masalah serius pada peristiwa awal kehamilan, ada yang mengalami sakit parah, menginginkan sesuatu yang tidak terpikir sebelumnya dan makan-makanan asam.

Tetapi pemahaman akan tanda tanda ibu hamil masih banyak yang tidak memahaminya. Dalam kesempatan ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang kehamilan:

  1. Lelah dan mengantuk berat

Lelah dan mengantuk berat di sebabkan oleh perubahan hormonal dan beberapa kinerja jantung, ginjal dan paru-paru yang bertambah. Mengingat organ-organ tersebut mempunyai kerja tambahan, seperti mensuplai atau mencukupi perkembangan dan pertumbuhan janin. Yang menjadi beban tambahan tersendiri bagi ibu hamil adalah semakin besarnya ukuran perut karena bertambahnya usia kehamilan.

  1. Lebih sering buang air kecil

Hal ini disebabkan oleh rahim yang di tumbuhi janin menekan kandungan kemih. Sehingga keterlambatan haid selama dua mingguan menjadikan buang air kecil lebih sering dari hari biasa sebelum hamil. Hormon kehamilan yang meningkat juga berperan besar meningkatnya urin dalam kandungan kemih. Untuk mengatasi hal tersebut, jangan sampai Anda menahan atau membatasinya, maka dari itu sering-seringlah meningkatkan konsumsi air putih ke dalam tubuh yang lebih banyak, karena ini berdampak pada perkembangan kesehatan kehamilan Anda.

  1. Mengalami sembelit

Mengendurnya otot rahim dan otot dinding usus yang di akibatkan oleh meningkatnya hormon progesterone ini yang menjadikan sembelit terjadi, tetapi hal ini bukan bersifat negatif terhadap kelangsungan kehamilan saja, peningkatan hormon tersebut juga memberikan penyerapan nutrisi yang baik pada kehamilan.

  1. Muncul flek, bercak darah dan perut kram

Setelah terjadi ovulasi 8-10 hari bercak darah itu akan muncul. Hal ini di sebabkan dinding rahim yang di tempeli oleh embrio, tetapi munculnya bercak darah tersebut biasanya banyak yang men salah artikan sebagai menstruasi.

Biasanya saat bercak darah muncul juga di ikuti dengan terjadinya kram perut. Selam trimester kedua maka kram perut akan terus terjadi. Biasanya hal ini akan berakhir ketika uterus berada di tengah dan ter sangga panggul.

  1. Basal tubuh temperaturnya mengalami kenaikan

Tanda-tanda ibu hamil yang kelima adalah biasanya kondisi ini akan mengalami kenaikan selama proses kehamilan. Kondisi tersebut selalu stagnan, tidak mengalami penurunan atau sama ketika sebelum hamil.

  1. Payudara mengalami perubahan

Karena kehamilan meningkatkan hormon progesterone dan esterogen maka payudara akan membesar, makin lembut (wanita hamil lebih sensitif jika payudaranya dipegang), warna puting lebih gelap dan membesar. Selain itu Asi akan muncul mengingat produksi tubuh menghasilkan Hormon Placental Lactogen (HPL).

  1. Sering mual dan muntah

Yang menjadi pemicu permasalahan ini adalah meningkatnya Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) pada saluran darah yang secara tiba-tiba, tanda-tanda mual dan muntah hampir di alami oleh setengah persen dari wanita hamil. Hormon ini menjadikan efek pedih pada dinding lapisan perut sehingga menjadikan rasa mual dan ingin muntah. Hormon tersebut juga meningkat pada saluran air kencing, maka dari itu secara khusus tes pack mengarah pada air kencing untuk mengetahui iya atau tidaknya terjadinya kehamilan.

Walaupun hal ini biasanya di anggap wajar oleh semua orang, tetapi perlu di ingat, apabila mual dan muntah masih terjadi pada trimester kedua maka secepatnya Anda memeriksakan ke dokter, karena hal ini akan mengganggu kehamilan Anda.

Hal ini juga di sebabkan peningkatan hormon lainnya yang menjadikan indra pencium ibu hamil terlalu sensitif, sehingga bisa mengakibatkan mual dan muntah.

  1. Hipersalivasi (banyak meludah)

Hal ini terjadi ketika pada trimester pertama, biasanya akan menghilang pada trimester kedua, permasalahan ini di akibat kan oleh perubahan hormon estrogen.

  1. Headaches (sakit kepala)

Tanda tanda ibu hamil yang ke sembilan adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor di atas, seperti mual, lelah, depresi, tegang, lapar dan pasokan darah yang meningkat pada seluruh tubuh.

Itulah beberapa indikasi-indikasi kehamilan yang mungkin bermanfaat bagi kita semua. Tetapi perlu di garis bawahi, bahwa tidak semua wanita hamil mengalami hal tersebut di atas. Karena banyak juga yang biasa-biasa saja dalam proses kehamilannya, bahkan ada yang mengalami sesuatu hal yang lebih variatif, dengan kata lain keterangan di atas kebenarannya tidak mutlak.

Pada khalayak umum biasanya lebih meyakini menggunakan test pack (tes kehamilan) atau memeriksakannya langsung kepada dokter, karena peralatan medis sekarang lebih canggih.