Tips Sehat dan Tetap Bugar saat Berpuasa di Bulan Suci

Bulan ramadhan sebentar lagi akan tiba, apakah anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut bulan yang suci ini? Seperti yang anda ketahui di saat bulan buasa semua orang yang menjalankanya akan dicap lemas tidak bersemangat, bagi seseorang yang sama sekali tidak mempunyai kegiatan hal ini pasti terdengar biasa saja, namun bagaimana bagi anda yang sudah berkerja atau memiliki beragam aktivitas yang seperti biasa di bulan ramadhan? Apakah anda masih mempunyai tenaga untuk melakukan semua itu? Jangan khawatir kami akan berikan beberapa tips sehat ala gelang kesehatan chi yang bisa anda coba sendiri.

Berikut adalah beberapa tips yang Wajib Anda Lakukan di saat berpuasa agar tetap sehat bugar dan tetap beraktifitas seperti biasanya :

Hindari Makan Berlebih di saat Berpuasa

Saat rasa lapar mulai melanda sebelum berbuka puasa pastinya setiap orang ingin sekali mengkonsumsi bebagai jenis makan setelah waktu berbuka tiba. Namun sebaliknya Anda menghindari hal tersebut, mengkonsumsi makanan berlebih dapat membuat perut kita menjadi begah dan mengakibatkan sudah bernafas dan bergerak yang berakibat rasa malas, sebaiknya sebelum Anda mengkonsumsi makan berkalori tinggi ada bainya Anda mengkonsumsi dahulu makanan makan ringan seperti sup, salad dan makanan ringan sehat lainya.

Konsumsi Makanan Berserat dan Berprotein Tinggi

Sebelum menunaikan ibadah puasa seriap harinya setiap orang pastinya akan melakukan sahur, nah pada saat sahur inilah sangat di anjurkan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga protein . serat berguna untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh setiap hari, sehingga tidk ada sisa sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan, Contoh makanan yang penuh serat adalah sayuran, buah dan biji bijian sedangkan protein dapat anda temukan di dalam telur , kacang kacangan keju dan sejenisnya.

Minum Air Putih Yang Cukup

Minumlah Air Putih yang cukup di saat sahur, karena kita tahu 70% tubuh kita adalah cairan, air mineral sangat di butuhkan bagi tubuh untuk motorisasi tubuh dan wajib di penuhi setiap harinya, minumlah 2 liter air atau 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Manfaat air putih sendiri bagi tubuh sangat banyak , salah satunya agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu juga air dapat mencegah bau mulut pada saat berpuasa dapat memproduksi air liur tetap stal. Hindari minum kopi dan teh di karenakan minuman tersebut mengakibatkan cepat haus pada siang hari.

Hindari Camilan Kue Berkalori Tinggi

Bukan rahasia umum bulan Ramadhan adalah waktu yang tersedia banyak berbagai macam camilan atau kue. Namun bagusnya Anda mengurangi camilan camilan  tersebut yang dapat mengakibatkan berat bada semakin naik. Jika anda ingin ngemil kami sangat menyarankan camilan sehat yang rendah akan kalori seperti kurma atau kacang almond.

Gerakan Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa

Olahraga dengan gerakan gerakan kecil sangat di anjurkan , Kenapa? Di karenakan hal ini dapat menjaga berat badan anda optimal namun juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Olahraga yang tepat di lakukan setelah berbuka puasa, dengan gerakan gerakan ringan seperti senam dan peregangan otot ataupun jalan kaki kecil bisa di lakukan sambil menuaukan ibadah shalat isya’ dan tarawih di masjid.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *